
Kebersamaan membuahkan kesuksesan, itulah Orange Range. Grup musik ternama Jepang asal Okinawa yang sejak kecil hingga SMP selalu bermain bersama. Ketika lulus SMP pun, mereka enggan berpisah dan melanjutkan kebersamaan dengan bermain musik. Hingga akhirnya kebersamaan itu membuahkan hasil. Berupa album indie label bertajuk Orange Ball yang di rilis tanggal 22 Februari 2002. Sesaat setelah peluncuran album indie, Orange Range menjejakkan kaki di perusahaan rekaman Sony. Tak tanggung-tanggung, album perdana Musiq langsung terjual 2.4 juta kopi di tahun 2004! Meledaknya album Musiq memposisikan Orange Range sebagai New Artis of the Year pada acara penghargaan Japan Gold Disc Award ke-18. Tahun berikutnya dewi fortuna masih berpihak pada Orange Range. Berkat single dan album CD-nya yang laku terjual hingga 4.5 juta kopi, Orange Range kembali mendapat penghargaan pada acara yang sama. Ini merupakan bukti bahwa kualitas Orange Range tak kalah dengan artis-artis Okinawa yang lebih dulu memperoleh penghargaan itu. Diantaranya Kiroro (1999), Da Pump (1998), Speed (1997), dan Begin (1991). Lima personil Orange Range memang kreatif. Darah muda mereka berhasil menciptakan musik yang bisa di terima banyak orang. Trio vokal Hiroki, Yamato dan Ryo, Naoto (gitar) serta Yoh (bass) dengan yakin membawakan musik rock, pop serta r n b sebagai ciri khas mereka. Keberagaman musik ini bersumber pada sejarah tempat tinggal di Okinawa, yang pernah menjadi basis militer Amerika Serikat di Jepang. Sejak dulu, penduduk Okinawa paham budaya barat, termasuk musik rock, blues dan hip hop. Berbagai aliran musik itu kemudian membaur bersama musik tradisional. Inilah yang mengilhami Orange Range untuk bereksplorasi pada berbagai jenis musik barat tanpa mengesampingkan musik negeri tercinta. Hasilnya, selain mendapat penghargaan, lagu-lagu mereka juga dipakai dalam animasi Naruto dan Bleach. Untuk TV Show, diantaranya The America Movie dan Fantastic Four. Sebagai soundtrack drama Fuji TV (Fire Boys), soundtrack film Ima Aini Ikimasu, serta lagu tema iklan TV (soft drink Match) dll. Bisa dibayangkan berapa banyak royalty yang mereka terima. Belajar dari Orange Range, menjaga kebersamaan demi impian dan meraih kesuksesan. Label: Band Japan |